Selasa, 28 Juni 2016

Mengapa Ethereum tidak berpengaruh pada Bitcoin?

Martin Tillier, penasihat keuangan yang menulis untuk Nasdaq, mengatakan kejadian DAO hack baru-baru ini menunjukkan adanya kerentanan di ethereum dan mungkin itu akan mencerminkan kesan negatif pada bitcoin. namun aktivitas harga bitcoin ini menunjukkan sebaliknya. Sementara bitcoin walaupun tidak menawarkan kemampuan pengembangan seperti ethereum, itu justru telah menunjukkan keandalan yang lebih baik.

Martin Tillier dalam sebuah opini berjudul "Apakah pembajakan besar-besaran ethereum berarti untuk bitcoin?" Tillier mencatat bahwa ethereum disebut-sebut sebagai cryptocurrency paling mungkin muncul sebagai "pemenang" dalam mata uang digital, persaingan ini di ibaratkan seperti "VHS ke Betamax" bagi mereka yang cukup tua untuk mengingat persaingan ini. Keyakinan dalam ethereum menurun sementara implikasi penuh dari $ 60 juta lebih yang dibajak pada ethereum belum diketahui, Tillier berpikir kepercayaan pada mata uang digital telah mengalami kemunduran yang tidak akan pulih dalam waktu dekat. 

Hacker itu mampu menembus sistem dan mentransfer dana dari DAO. Fakta bahwa pengembang Ethereum bisa membalikkan dana yang telah dicuri hacker namun mengalami serangan lagi dari para hacker menunjukkan adanya cacat yang serius pada ethereum yang tidak akan mudah diperbaiki.

Hanya sejumlah kecil orang yang memahami ethereum. Menurut Tillier jatuhnya nilai ETH merupakan indikator kepercayaan pada Ethereum ini. Mengapa ini tidak mempengaruhi bitcoin? Ini akan menjadi logis untuk mengasumsikan bahwa masalah Ethereum ini akan berdampak negatif pada bitcoin, melihat ada kesamaan antara mata uang. namun yang terjadi justru sebaliknya, harga bitcoin tetap menunjukkan tren harga positif. 

Bitcoin menunjukkan bahwa bitcoin merupakan pesaing utama. Ini juga menunjukkan bahwa bitcoin tidak rentan terhadap serangan. pengembang Ethereum bisa saja memenangkan tantangan DAO saat ini, mengembalikan dana yang dicuri dan menerapkan soft fork yang akan mengalahkan hacker. Tapi kerusakan kepercayaan dan mata uang yang mendasari sistem ethereum akan tetap dikenang dalam beberapa waktu. "Untuk saat ini, aku akan tetap dengan bitcoin," kata Tillier.