Senin, 20 Juni 2016

apakah halving day akan menaikkan harga bitcoin?

Para penambang bitcoin akan menyaksikan sejarah halving day pada tahun ini. berbeda dengan mata uang nyata yang dapat dicetak terus menerus oleh pemerintah, bitcoin memiliki jumlah terbatas sejak kode asli dirilis oleh satoshi nakamoto. bitcoin hanya tersedia sebanyak 21 Juta BTC. oleh karena itu bitcoin sering dibandingkan dengan logam mulia seperti emas karena sifatnya yang terbatas.


Proses matematis mengamankan transaksi di blok rantai disebut pertambangan membutuhkan pasokan besar daya dan listrik komputasi. Dalam pertukaran untuk mengamankan jaringan dan pengolahan transaksi Bitcoin, oleh karena itu para penambang mendapatkan hadiah 25 Bitcoins untuk setiap blok transaksi ditemukan. Namun, hadiah untuk penambang ini akan segera dipotong setengah dari 25 Bitcoins menjadi 12,5 Bitcoins. Ini akan terjadi pada blok 420.000, yang diperkirakan akan ditambang di tengah tahun 2016.

Penurunan hadiah bagi penambang berarti bahwa jaringan Bitcoin akan mulai menghasilkan Bitcoins pada tingkat yang jauh lebih lambat. Jika permintaan untuk bitcoin tetap konstan sepanjang tahun sedangkan pasokan dipotong setengah, ekonomi sederhana menyatakan bahwa harga harus naik sampai ada keseimbangan baru antara penawaran dan permintaan.

Beberapa berpendapat bahwa masyarakat Bitcoin telah sepenuhnya menyadari separuh dari hadiah penambang 'untuk waktu yang lama dan bahwa penurunan aktual dalam penyediaan Bitcoins tidak akan mengejutkan sebagian besar penggemar Bitcoin dan pedagang di masyarakat.

Secara historis, mengurangi separuh dari hadiah penambang tidak memiliki efek besar pada harga Bitcoin. Pada tanggal 28 November 2012, pertama kalinya hadiah para penambang itu dibelah dua, tidak ada dampak yang terlihat pada nilai Bitcoin, yang bernilai sekitar USD $ 13,40 per bitcoin. Hal ini terjadi ketika blok 210.000 diselesaikan.

Mengingat hasil historis dari "halving day" dan meningkatnya kesadaran Bitcoin, sulit untuk memprediksi apakah harga Bitcoin akan meningkat atau mempertahankan stabilitas setelah separuh dari hadiah penambang dibagi.

seorang ahli keamanan Bitcoin dan penulis Mastering Bitcoin, Andreas Antonopoulos menjelaskan, dampak dari halving day dari harga Bitcoin tergantung pada berbagai faktor, termasuk kesulitan dan transaksi volume Bitcoin. "Saya tidak bisa memprediksi harga. Tidak ada yang bisa. Siapapun yang melakukan, bahkan untuk 10 menit, berbohong, " kata Antonopoulos. Hal yang mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan tergantung pada kondisi dari semua parameter lain dalam perekonomian: harga, adopsi, volume transaksi, hashrate, kesulitan, investasi, mata uang lainnya, kondisi pasar dunia, dll.